PENGERTIAN PERENCANAAN PEMASARAN
Definisi
dari perencanaan pemasaran strategis menurut Mc Donald adalah proses manajemen
yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan ini merupakan urutan
logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan
perumusan rencana untuk mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran adalah
penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai
tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses
sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana
pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi
penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian
respon strategik dan taktikal perusahaan.
Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas :
Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas :
1)
penyesuian ukuran bisnis,
2)
perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau
3)
penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi lain
Manfaat rencana pemasaran :
Manfaat rencana pemasaran :
1.
mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik
2.
mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan
3.
meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah
4.
meminimalkan respon tak rasional samapi respon yang tak diharapkan
5.
mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak
6.
meningkatkan komunikasi
7.
mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis
8.
memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan
Masalah masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran :
Masalah masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran :
1.
peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba
2.
angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang
3.
tujuan yang tidak realistis
4.
kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan
5.
perselisihan antar fungsional
6.
frustasi manajemen
7.
perkembangbiakan produk dan pasar
8.
pengeluaran promosi yang sia-sia
9.
penentuan harga yang terlalu membingungkan
10.
semakin melemah terhadap perkembangan bisnis
Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran meliputi :
1.
melakukan analisis situasi Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah
analisis SWOT (streghts, weaknesses, opportunities, dan threats). Analisis ini
mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli,
pesaing, biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
2.
Menetapkan tujuan/sasaran Tujuan dirumuskan secara spesifilk dan
mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada
waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan
peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.
3.
Menyusun strategi dan program Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan,
pengambil keputusan kemudian merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk
mencapai tujuan) dan program (tindakan jangka pendek spesifik untuk
mengimplementasikan strategi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar